Profil Lulusan & CPL Program Studi Ilmu Komputer UBBG

Profil Lulusan

Program Studi Ilmu Komputer Program Sarjana UBBG menekankan pada kemampuan individu dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi (teori komputasi dan algoritma), mencakup diantaranya:

  1. Spektrum yang sangat beragam, dari yang sangat teoritis dan algoritmis hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas
  2. Terbagi menjadi tiga bagian utama:
    1. Fokusnya pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
    2. Focus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya.
    3. Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan sebagai model matematis dalam menyelesaikan masalah.

Kurikulumnya sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma, yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.

Profil lulusan Program Studi Ilmu Komputer Program Sarjana UBBG adalah:

  1. Programmer professional khususnya web dan mobile programmer (Web and Mobile Programmer).
  2. Administrator jaringan (Networking Administrator).
  3. Administrator basis data (Database Administrator).
  4. Analis sistem (System Analyst).
  5. Pengembang media digital.
  6. Akademisi teknologi informasi.
  7. Konsultan dalam bidang teknologi informasi.
  8. Pelaku bisnis dengan kemampuan marketing dalam bidang teknologi informasi.

Capaian Pembelajaran

Rumusan capaian pembelajaran program studi dirancang sesuai dengan profil lulusan, merujuk pada deskripsi capaian pembelajaran SN-Dikti dan level 6 (enam) KKNI, serta relevansinya dengan keunggulan atau keunikan program studi.

  1. Aspek Sikap
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
    11. Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemimpinan dalam berbagai aktivitas.
  2. Aspek Pengetahuan
    1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
    2. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma /metode untuk memecahkan masalah.
    3. Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/metode yang diimplementasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer.
    4. Memiliki pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dasar dan teori ilmu komputer.
    5. Mempunyai kemampuan untuk memiliki perspektif kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pemikiran komputasi.
    6. Menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari area ilmu komputer untuk meningkatkan produktivitas.
    7. Menunjukkan komitmen terhadap etika dan perilaku profesional di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari.
    8. Mampu berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari beragam latar belakang dengan kualitas yang efektif.
    9. Mempelajari model baru, teknik, teknologi dan peralatan untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas diri seumur hidup.
    10. Menunjukan keterampilan antar-pribadi sebagai bagian dari tim dalam setiap peraturan termasuk kepemimpinan dalam menyampaikan hasil/resolusi yang berkualitas.
    11. Menerapkan keterampilan kewirausahaan di bidang teknologi informatika.
  3. Aspek Keterampilan Umum
    1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
    2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan sistematis dalam mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika dan komputer untuk menyelesaikan masalah.
    3. Mampu menunjukkan pemahaman tentang body of complex knowledge secara sistematis dan utuh serta memiliki dasar untuk studi lanjut pascasarjana dan karir profesional.
    4. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan informatika dan komputer berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan gagasan, desain, kritik atau solusi.
    5. Menguasai konsep teoritis bidang informatika dan komputer tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
    6. Mampu menunjukkan keterampilan atau psikomotorik pada ranah kompleksitas praktik tertentu termasuk keterampilan bidang teknik informatika dan komputer.
    7. Memiliki kemampuan penelitian, memahami dan mengevaluasi informasi dan konsep baru dari ranah keilmuan informatika dengan mempertimbangkan bukti, argumen dan asumsi untuk menyelesaikan masalah.
    8. Mampu bertindak secara profesional dan mampu menilai berdasarkan tingkat otonomi kognitif.
    9. Mampu berkomunikasi interpersonal baik lisan maupun tulisan serta terampil dalam kerja sama tim.
    10. Mampu mengelola dan menggunakan informasi untuk belajar mandiri sepanjang hidup.
    11. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    12. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
    13. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
    14. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  4. Aspek Keterampilan Khusus
    1. Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk keperluan seperti network security, multimedia data compression technologies, mobile computing intelligent systems, information management, algorithms and complexity, human computer interaction, graphics and visual computing.
    2. Mampu secara kreatif dan inovatif memformulasikan pemecahan masalah dengan memanfaatkan teknik komputasi dan teknologi informasi berbasis konsep-konsep yang relevan dan dengan memanfaatkan tool pemodelan tepat.
    3. Mampu membangun program komputer untuk mengimplementasikan pemecahan masalah dengan memanfaatkan framework, atau teknologi informasi yang terkini (up to date).
    4. Mampu membangun sistem jaringan komputer dan sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa